Perbedaan HTTP, HTTPS dan FTP

Sumber : Google Images

INTRO | Setelah kesana kemarin (googleling) nyari perbedaan “Perbedaan HTTP, HTTPS dan FTP”, tapi petualangan membuahkan hasil ketika saya menemukan blognya mas Seekaanna-syukron. Berikut ini penjelasan dari blog beliau, dan ika Ada yang kurang jelas mampir aja ya ke blognya Seekaanna-syukron.

HTTP (HyperText Transfer Protocol) adalah protokol yang dipergunakan untuk mentransfer dokumen dalam World Wide Web (WWW). Protokol ini adalah protokol ringan, tidak berstatus dan generik yang dapat dipergunakan berbagai macam tipe dokumen. HTTP adalah sebuah protokol meminta/menjawab antara client dan server.

Data paket yang dikirim menggunakan HTTP tidak terenkripsi, siapapun dapat melihat data dalam teks biasa seperti BadGuy lakukan. Itulah mengapa tidak menggunakan HTTP untuk perbankan atau transaksi di internet, dan juga itu tidak dianjurkan jika Anda membuka website halaman login yang menggunakan HTTP pada jaringan publik seperti area hotspot nirkabel.

HTTPS (HyperText Transfer Protocol Secure) adalah versi aman dari HTTP, protokol komunikasi dari World Wide Web. Ditemukan oleh Netscape Communications Corporation untuk menyediakan autentikasi dan komunikasi tersandi dan penggunaan dalam komersi elektris.Selain menggunakan komunikasi plain text, HTTPS menyandikan data sesi menggunakan protokol SSL (Secure Socket layer) atau protokol TLS (Transport Layer Security).

Data paket dikirim menggunakan HTTPS dienkripsi, orang tidak dapat melihat data paket dalam jaringan publik. Itu sebabnya HTTPS biasanya digunakan untuk perbankan atau transaksi di internet, dan halaman juga login atau halaman lain perlu untuk mengenkripsi data.

Tingkat keamanan tergantung pada ketepatan dalam mengimplementasikan pada browser web dan perangkat lunak server dan didukung oleh algorithma penyandian yang aktual. Tingkat keamanan tergantung pada ketepatan dalam mengimplementasikan pada browser web dan perangkat lunak server dan didukung oleh algorithma penyandian yang aktual.

Ada beberapa perbedaan utama antara HTTP dan HTTPS. Namun, dimulai dengan port default, yang 80 untuk HTTP dan 443 untuk HTTPS. HTTP bekerja dengan transmisi interaksi yang normal, sedangkan HTTPS melalui sistem terenkripsi, sehingga dalam teori, informasi tidak dapat diakses oleh pihak selain klien dan server akhir.

FTP (File Transfer Protocol), adalah protokol yang digunakan untuk meng-upload file dari komputer client tertentu ke sebuah FTP server atau untuk men-download file-file dari FTP server ke komputer client tertentu. Fungsinya hampir sama dengan HTTP, karena keduanya berfungsi untuk mentransfer data dari suatu server ke komputer Anda. FTP merupakan media pertukaran data antara satu komputer dengan komputer lainnya yang terhubung dalam suatu jaringan. FTP klien membuka koneksi control melalui TCP port 21 pada FTP server, kemudian koneksi terbuka di seluruh sesi.

Tujuan dari FTP server adalah sebagai berikut :
• Untuk tujuan sharing data
• Untuk menyediakan indirect atau implicit remote computer
• Untuk menyediakan tempat penyimpanan bagi user
• Untuk menyediakan transfer data yang reliable dan efisien

Perbedaan antara HTTP dengan FTP terletak pada hasil transfer data. Pada HTTP, data atau content dari web server dikirim ke komputer Anda melalui browser seperti Internet Explorer atau Netscape, hanya untuk ditampilkan saja. Sementara pada FTP, yang terjadi adalah proses copy seperti halnya ketika Anda menyalin sebuah file dari satu folder ke folder lain di komputer Anda. Sebagai gambaran yang paling dekat adalah ketika Anda men-download file-file MP3 dari situs musik tertentu. File-file ini disalin ke komputer Anda, sementara file aslinya tetap utuh tersimpan di server situs musik tersebut.
Berikut adalah perbedaannya :Perbedaan HTTP, HTTPS dan FTPSama dengan telnet, autentikasi user FTP biasanya beroperasi langsung pada informasi akun user pada mesin FTP server yang sedang berjalan. Proses autentikasi membedakannya dari autentikasi user HTTP, yang mana menggunakan apache database


Flag Counter