Rahasia Agar Panjang Umur Dalam Keadaan Sehat

Panjang umur tidak hanya menjadi bagian dari doa saat berulang tahun, juga bukan sekedar mitos.Panjang umur juga dapat diraih jika Anda menjaga gaya hidup sehat dengan menghindari hal-hal yang beresiko bagi kebugaran tubuh.

Berikut ini kebiasaan yang dapat Anda terapkan agar kesehatan tetap terjaga hingga di usia lanjut.

1. Tidak merokok
Sudah bukan rahasia lagi, rokok membawa bahaya bagi kesehatan jantung dan organ tubuh lainnya. Kebiasaan merokok diklaim sebagai pemicu terbesar akan kematian akibat penyakit jantung dan kanker paru-paru. Rokok dapat merusak kesehatan jantung dan fungsi pembuluh darah, demikian menurut penelitian dari National Institutes of Health.

2. Tubuh tetap aktif
Potato couch menjadi sebutan bagi orang-orang yang gemar menghabiskan waktu seharian di tempat tidur sambil menonton televisi dan ngemil. Kebiasaan ini konon dapat menyebabkan tubuh menjadi obesitas dan memicu tekanan darah tinggi. Sebaliknya, seperti dilansir Mayo Clinic, tubuh yang bergerak dengan aktif membuat asupan oksigen ke dalam tubuh menjadi meningkat, menjaga berat badan ideal dan memperlancar kinerja arteri darah.

3. Menjaga tekanan darah
Tekanan darah dalam kondisi normal ialah sekitar 120/80, sedangkan menjadi berbahaya jika sudah mencapai 140/159. Menjaga tekanan darah darah menjauhkan Anda dari penyakit darah tinggi, stroke dan serangan jantung. Hindari makanan yang mengandung lemak dan kolesterol untuk menjaga tekanan darah di level normal.

4. Mengontrol kadar gula darah
Seperti ditulis WebMD, memiliki kadar glukosa tinggi dalam darah dapat memicu kerusakan di ginjal dan pembuluh darah. Hormon insulin bertanggung jawab dalam mengelola glukosa dalam darah dan mengubahnya menjadi energi. Jika terjadi kelainan di ginjal dan kadar glukosa dalam darah, dapat menyebabkan komplikasi diabetes.

5. Menjaga level kolesterol
Kolesterol yang tinggi menjadi faktor pemicu penyakit jantung, karena menyebabkan pembekuan di arteri yang tersambung ke arah jantung. Seperti dicatat Huffington Post, jika terdapat pembekuan arteri, pasokan darah ke jantung akan terhambat dan menyebabkan serangan jantung.

6. Mempertahankan berat badan ideal
Mengukur berat badan dengan satuan Body Mass Index (BMI) merupakan cara yang tepat untuk mengetahui apakah berat badan Anda sudah ideal atau belum. Berdasarkan level BMI, tingkat BMI di bawah 18,5 sudah termasuk underweight atau kekurangan berat badan. Normalnya, berat badan ideal berada di angka 18,5 sampai 29,9. Anda tergolong obesitas jika memiliki berat badan di atas 30 satuan BMI.

7. Mengonsumsi makanan sehat
Menjauhi makanan yang kaya akan kolesterol dan lemak jahat, seperti lemak trans dan lemak jenuh, menjadi cara sehat untuk menjaga kesehatan jantung. Penuhi menu santapan Anda dengan kudapan protein rendah lemak, gandum utuh, makanan kaya serat dan kadar sodium yang rendah.

Source : Tabloid Bintang/Ref.1001article


Flag Counter